Istilah Instagram yang Harus Diketahui

Istilah Instagram-Sebagai pengguna aplikasi Instagram, Kamu tentu sudah terbiasa dengan fitur-fiturnya, bukan? Selain fitur-fitur sederhana yang memang tersedia dan gampang dipelajari, ada juga beberapa fitur tersembunyi yang harus dicari lebih dulu. Misalnya, fitur untuk melihat foto yang Kamu sukai, fitur untuk menghapus tag dari foto orang lain, dan lain sebagainya.

Tapi, tahukah, Kamu? Selain memiliki banyak fitur seperti yang sudah kami sebutkan diatas, Instagram juga memiliki banyak sekali istilah yang harus diketahui oleh para penggunanya. Penasaran? Berikut pengertian istilah Instagram dan istilah-istilah Instagram yang harus diketahui.

Istilah Instagram, Apa itu?

Menurut bahasa, pengertian istilah adalah sebuah kata atau gabungan dari beberapa kata. Sebuah istilah mampu mengungkapkan sebuah makna konsep, keadaan, proses, dan sifat yang khas dalam bidang tertentu.

Lalu, apa itu istilah dalam Instagram? Istilah Instagram digunakan untuk merujuk pada kata, yang berfungsi agar para pengguna paham bagaimana cara pengoperasian Instagram. Seperti halnya fitur-fitur Instagram, istilah-istilah di Instagram juga sangat membantu pengguna Instagram untuk mengeksplor akunnya.

followers

Istilah-Istilah umum dalam Instagram

Istilah-istilah dalam Instagram memang harus diketahui oleh para pengguna. Karena bisa membantu proses interaksi antarpengguna. Lalu, apa saja, sih, istilah-istilah tersebut? Berikut daftar istilah Instagram yang harus Kamu ketahui:

  • Username

Jika Kamu berhasil mengunduh aplikasi Instagram, langkah selanjutnya tentu mendaftarkan akunmu, kan? Yup, Username merupakan istilah yang dipakai untuk meyebutkan nama akunmu. Para pengguna Instagram memiliki “Username” yang berbeda-beda, meskipun seringkali ada kemiripan antara satu dan lainnya. Selain itu, “Username” dimulai dengan simbol @. Kamu bisa memanfaatkan penggunaan tanda baca titik (.), underscore (_) agar “Username” milikmu berbeda dari yang lain. Buatlah nama yang singkat dan jelas, agar mudah diingat

  • Bio

“Bio” di sini berarti biography atau biodata. Kamu bisa mengisi kolom yang terletak di bawah nama Instagram-mu ini dengan informasi apa saja. Misalnya, dengan quotes menarik, nama pasangan atau anak, tempat tinggal, dan sebagainya. Ada beberapa public figure yang menambah tautan langsung yang mengarahkan ke akun bisnis,akun anaknya dll.

  • Followers

Kedua istilah ini sebenarnya dimulai dari aplikasi Twitter, yang kemudian diadaptasi oleh Instagram. Pengikut atau “Followers” merupakan orang-orang yang mengikuti akun Instagram pengguna lain. Sedangkan istilah “Following” atau yang diikuti merupakan akun-akun yang Kamu ikuti di Instagram. Unggahan dari akun pada tab following inilah yang nantinya akan muncul di News Feed Instagram-mu.

  • News Feed

Istilah ini dipakai untuk menyebut home dari Instagram. Di “News Feed”, Kamu bisa melihat unggahan foto atau video dari following-mu. Jadi semua postingan akun yang kita ikuti akan muncul di menu ini. Untuk menuju “News Feed”, klik tab bergambar rumah di sisi kiri paling bawah layar.

  • DM atau Direct Message

Adanya “DM atau Direct Message” ini, memudahkan sesama pengguna Instagram untuk mengirim pesan secara pribadi. Sama seperti chatting, Kamu bisa berinteraksi dengan akun lain, melalui “DM atau Direct Message” ini.

  • Caption

Keterangan yang Kamu sertakan pada foto unggahan, itulah yang disebut dengan istilah “Caption”.

  • Like

Sama seperti pada aplikasi Facebook, Kamu bisa menyukai unggahan milik orang lain dengan memberi “Like”. Di Instagram, Kamu bisa memberi “Like” dengan cara ketuk 2x pada foto atau video. Kamu juga bisa klik simbol love atau hati di bawah unggahan.

  • Comment

Nah, istilah ini berarti Kamu bisa memberikan sejumlah komentar pada kolom komentar, yang ada di bawah unggahan foto atau video.

  • Mention atau Tag

Istilah ini berarti Kamu menyebutkan akun lain, tepat di gambar atau video yang Kamu unggah di Instagram. Kamu juga bisa “Mention atau Tag” akun lain di caption atau Instagram Story yang Kamu buat. Cara untuk “Mention atau Tag” akun lain adalah dengan mengetik simbol @ sebelum nama akun.

  • Hashtag

Istilah ini berarti Kamu menambahkan satu atau lebih kata yang ditulis tanpa spasi, dan diberi awalan hash (#). “Hashtag” berguna untuk memudahkanmu menemukan foto atau video dengan kategori yang sama dengan unggahanmu.

  • Feed

Istilah ini berarti album atau galeri seluruh unggahanmu di Instagram. Semua foto dan video yang Kamu unggah, jika tidak di-hide (sembunyikan), akan terkumpul di “Feed” akun Instagram-mu. Biasanya, pengguna Instagram milenial mengatur “Feed” mereka semenarik mungkin. Misalnya, dengan pengaturan kombinasi warna, jenis unggahan, dan lain-lain.

  • Private

Jika Kamu mengatur akun Instagram-mu dengan mode “Private”, maka akunmu akan terkunci. Tidak sembarang orang bisa melihat feed unggahanmu. Karena untuk melihatnya, mereka harus mengirimkan permintaan pertemanan (friend request) terlebih dulu.

  • Activity Feed

Jika media sosial lain memakai istilah notifikasi atau notification pada setiap aktivitas yang terjadi, Instagram memakai istilah yang berbeda. Pada Instagram, istilah yang dipakai adalah “Activity Feed”. Setiap like, comment, friend request, tag, dan lain-lain yang menyangkut akunmu, akan muncul dan masuk di “Activity Feed” ini. Letak “Activity Feed” adalah di tab bentuk hati, di sebelah tab profil.

  • Archive

Konten Instagram Story dan unggahan feed-mu, akan masuk di “Archive” atau arsip. Ini juga membantumu untuk menyimpan unggahan yang ingin Kamu simpan dan tidak ingin Kamu hapus.
Jika ingin mengarsipkan foto, Kamu cukup klik foto kemudian ketuk bagian kanan atas yang seperti titik-titik lalu pilih arsip.

Istilah gaul dalam Instagram

  • Selebgram

“Selebgram” berarti selebriti atau artis di Instagram. Menjadi seorang “Selebgram”, bisa dilakukan oleh siapa saja dan tidak harus sudah menjadi artis di televisi. Kamu bisa menjadi “Selebgram” jika Kamu memiliki sesuatu yang unik dan menarik di akun Instagram-mu. Di mana konten-kontenmu bisa menggugah pengguna lain untuk berbondong-bondong menjadi followers-mu. “Selebgram” bisa berasal dari seorang pekerja kreatif, make up artist, pengusaha, dokter, penyanyi, konselor ASI, dan lain-lain.

  • Endorse

Istilah “Endorse” berarti mempromosikan produk atau jasa orang lain, di akun Instagram-mu, sehingga bisa dilihat oleh followers-mu. Biasanya, yang melakukan kegiatan “Endorse” adalah para selebgram, yang memiliki banyak followers. Memang, para selebgram mendapatkan penghasilan dari “Endorse”, di mana mereka dibayar per unggahan. Selain itu, produk yang mereka promosikan pun menjadi milik mereka dengan gratis. Wah! Benar-benar menggiurkan, ya?

  • Follback

Kalau sebelumnya Kamu adalah pengguna aktif twitter, pasti akan familiar dengan kalimat “follbek dong!”. Istilah itupun dipakai juga oleh pengguna Instagram. “Follback atau folbek” dipakai ketika Kamu ingin agar akun yang Kamu ikuti, mengikutimu balik. Istilah “Follback” berasal dari kalimat Follow Back. Jika Kamu ingin agar following-mu melakukan “Follback”, Kamu bisa meninggalkan pesan di kolom komentar atau direct message. Istilah saling follow ini juga sering disebut dengan “mutualan”.

  • Unfollow

Istilah “Unfollow” dipakai ketika Kamu berhenti atau tidak lagi mengikuti akun yang masuk di tab following-mu.

  • Repost atau Regram

Jika Kamu mengunggah ulang foto atau video milik orang lain ke akun Instagram-mu, maka kegiatan tersebut disebut “Repost”. Kamu bisa mengunduh aplikasi repost/regram dari Playstore/Appstore. Jangan lupa untuk tag sumber unggahan, ya!

Baca juga:

Akhir Kata

Demikian beberapa informasi tentang istilah-istilah Instagram yang harus diketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment