Aplikasi Signal, Mengirim Pesan Secara Private Anti Sadap

Aplikasi Signal-Aplikasi perpesanan saat ini cukuplah banyak dengan menawarkan berbagai fitur unggulan yang di hadirkan pada setiap aplikasi. Namun pada beberapa tahun belakangan ini, memang untuk urusan aplikasi chat ini dikuasai oleh Facebook CS, salah satunya adalah WhatsApp.

Hampir semua orang khususnya di Indonesia lebih memilih aplikasi ini dibandingkan yang lainnya. Dengan tampilannya yang khas dan fiturnya yang lengkap, tidak mengherankan apabila WhatsApp merupakan aplikasi chat dengan pengguna terbanyak saat ini.

WhatsApp sendiri memang memiliki cukup banyak problem saat ini, mulai dari penyadapan melalui yang dilakukan NSO Group lewat aplikasi pegasus, hingga yang terbaru terkait penggunaan data milik penggunanya. Sehingga bagi yang ingn privasi mereka tetap aman, mereka mencari aplikasi lainnya yang memiliki fitur sama.

Signal sendiri memberi jawaban kepada mereka yang ingin data mereka aman baik itu saat chat dan sebagainya. Pengumpulan data ini sebenarnya tidak masalah apabila untuk kepentingan berdagang. Sehingga para penjual online dapat mentargetkan barang dagangan mereka sesuai dengan minat, dengan begitu penjualan akan lebih tertarget.

Akan tetapi ini akan menjadi sebuah senjata yang paling menakutkan apabila digunakan untuk berpolitik. WhatsApp sendiri belum lama ini melakukan update kebijakan baru yang intinya nanti facebook akan menyimpan data dari pengguna aplikasi ini. Hal ini tentunya membuat sebagian pengguna WhatsApp merasa kecewa, untuk itu salah satu orang paling kaya saat ini Elon Musk menyarankan untuk menggunakan aplikasi Signal. Seperti apa aplikasi ini dan apa saja fitur yang ada di dalamnya, yuk kita simak ulasan lebih lengkapnya.

Sekilas Mengenai Aplikasi Signal

Signal merupakan aplikasi perpesanan yang dibuat oleh Brian Acton. Untuk mereka yang suka ngulik sejarah teknologi pasti sudah tidak asing lagi dengan nama satu ini. Dia adalah founder dari WhatsApp, semenjak keluar dari Facebook pada tahun 2018 lalu, Brian kini membuat aplikasi baru yaitu Signal.

Melihat dari fitur mungkin tidak ada yang terlihat mencolok antara kedua aplikasi ini, namun apabila kita lebih detail lagi maka kita akan merasakan perbedaan tersebut sewaktu menggunakannya. terutama pada segi privasi.

Signal VS Whatsapp

Mana yang lebih baik dari kedua aplikasi ini? pertanyaan ini pasti muncul ketika anda ingin beralih dari aplikasi lama anda ke aplikasi baru ini.

Bagi anda yang ingin melihat perbedaan antara Signal dan WhatsApp ini, maka anda bisa melihatnya seperti berikut:

  • Menghapus Otomatis

pada kedua aplkasi ini memiliki sebuah pengaturan penghapusan pesan secara otomatis, akan tetapi yang membedakan ialah durasi. Dalam aplikasi signal kita bisa setting hapus otomatis mulai dari 5 detik, sedangkan untuk whatsapp dimulai dari 7 hari.

  • Menyimpan Data

Inilah yang menjadi alasan mengapa pengguna Whatsapp beralih ke aplikasi yang sedang trending nii. Aplikasi SIgnal tidak menyimpan data lewat akun yang kalian buat, baik itu nomor, data pribadi dan lainnya. Sehingga tidak salah direkomendasikan banyak orang.

  • Mengirim Pesan Secara Private

Kita bisa mengirim pesan secara private kepada pengguna aplikasi ini lainnya. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir kalau aplikasi anda disadap dan juga sebagainya.

Kedua aplikasi sama-sama menggunakan End-to-end enkripsi, namun yang membedakannya ialah whatsapp masih menyimpan data untuk waktu yang cukup lama.

Itulah tadi beberapa kelebihan yang dapat anda rasakan apabila menggunakan aplikasi perpesanan signal, dari penjelasan diatas maka kita bisa tahu apa saja yang membedakannya.

Cara Downlod Signal

Untuk dapat mencoba aplikasi ini, maka anda bisa mengunduhnya lewat app store resmi smartphone anda. Selain itu anda juga bisa mengunduhnya langsung lewat website mereka yaitu signal.org. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir file yang anda unduh tersisipi oleh virus. Sedangkan untuk cara menggunakannya maka anda bisa simak seperti berikut.

signal aplikasi

Cara Menggunakan Aplikasi Signal

Anda akan mudah beradaptasi dengan aplikasi ini, karena secara fitur tidak beda jauh dengan Whatsapp. Untuk dapat memulai aplikasi ini dan menggunakannya anda bisa lakukan beberapa langkah seperti dibawah ini.

  • Pertama anda bisa langsung buka aplikasi signal ini
  • Selanjutnya anda masukan nomor yang ingin untuk pendaftaran
  • Anda akan menerima sebuah kode verifikasi
  • Masukan nama yang ingin anda gunakan
  • Setelah masuk aplikasi anda bisa ijinkan Signal sebagai aplikasi chat sms
  • Undang teman agar anda bisa chat dengan menggunakan aplikasi ini

Tidak sulit memang menggunakan aplikasi ini, karena pada dasarnya kedua aplikasi ini dibuat oleh orang yang sama. Namun yang menjadi perbedaan ialah segi keamanan data yang dimiliki oleh Signal dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Baca juga: 

Akhir Kata

Dengan menggunakan aplikasi signal ini anda tidak perlu khawatir akan disadap, karena anda bisa mengirim pesan secara private. Mungkin cukup sekian saja ulasan yang dapat kami sampaikan kepada anda terkait aplikasi Signal dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment